Minggu, 05 Februari 2017

Rekrutmen dan Seleksi

REKRUTMEN
Pengertian Rekrutmen
Rekrutmen merupakan proses menentukan dan manarik minat pelamar yang mampu bekerja dalam suatu organisasi atau perusahaan. Proses rekrutmen dimulai ketika para pelamar mengidentifikasi lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan dan berakhir ketika lamaran-lamaran mereka (pelamar) diserahkan kepada pihak perusahaan. Hasil dari rekrutmen adalah sekumpulan pelamar yang merupakan calon karyawan untuk diseleksi dan dipilih. Dalam kata lain rekrutmen merupakan proses untuk mendapatkan sejumlah calon karyawan yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan atau pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan.
Setelah ditetapkan perencanaan SDM maka langkah selanjutnya adalah memikirkan alternatif rekrutmen didasarkan pada pertimbangan bahwa rekrutmen memelukan biaya yang terbilang cukup tinggi untuk kebutuhan-kebutuhan seperti preproses riset interview, pembayaran fee agen rekrutmen dan masalah relokasi dan pemrosesan karyawan baru. Maka sudah seharusnya perusahaan menentukan alternatif sebelum melakukan rekrutmen karyawan. ada beberapa alternatif dalam melakukan rekrutmen diantaranya :
  1. Overtime (lembur)
  2. Subscontracing 
  3. Temporary Employees
  4. Employee Leasing
Perlu ditekankan kembali bahwa rekrutmen merupakan serangkaian proses yang dimulai ketika perusahaan memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan hingga mendapatkan calon karyawan yg diinginkan sesuai dengan pekerjaan yang ada. maka dapat disimpulkan bahwa tujuan rekrutmen adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan terjaringnya karywan dengan kualitas tertinggi.
Prinsip-prinsip Rekrutmen
  1. Kualitas karyawan harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan sesuai dengan kualifikasi
  2. Jumlah karyawan yang diperlukan harus sesuai dengan pekerjaan/jabatan yang tersedia
  3. Meminimalkan biaya
  4. Perencanaan dan keputusan-keputusan strategis tentang perekrutan
  5. Fleksibility
  6. Pertimbangan hukum
Sumber-Sumber Rekrutmen 
  • Sumber Internal Perusahaan, dapat dilakukan dengan penawaran terbuka untuk suatu jabatan dan perbantuan pekerja
  • Sumber Eksternal Perusahaan : Walk-ins dan Write-ins, Rekomendasi dari karyawan, Pengiklanan, agen-agen penempatan tenaga kerja, Lembaga Pendidikan, Departemen Tenaga kerja dan tenaga kerja profesional
 
SELEKSI
Pengertian Seleksi
Proses seleksi merupakan tahap kedua yang dilakukan setelah proses rekrutmen dilakukan, setelah terkumpul sejumlah calon karyawan yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang paling kompeten untuk ditetapkan sebagai karyawan (diterima bekerja). Proses seleksi merupakan sarana yang digunakan dalam memutuskan pelamar yang akan diterima. Dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan atau penolakan. 
Instrumen yang dapat digunakan dalam seleksi
  • Surat Rekomendasi
  • Format lamaran
  • Tes Kemampuan
  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kepribadian
  • Tes Psikologi
  • Wawancara
  • Evaluasi medis
  • Peninjauan pekerjaan yang realistis
  • Assesment Centre
  • Drug Test
  • Keputusan Penerimaan
Jenis-jenis Seleksi
  1. Seleksi Administrasi : surat-surat yang dimiliki oleh pelamar
  2. Seleksi Secara Tertulis : tes kecerdasan, tes kepribadian, tes bakat, tes minat dan tes prestasi
  3. Seleksi Tidak tertulis : Wawancara, Praktek dan tes kesehatan
Sekian paparan tentan rekrutmen dan seleksi semoga bermanfaat, maaf jika masih banyak kekurangan dalam postingan ini, untuk kritik dan saran silahkan coret-coret dibawah..!!!!
wassalam...

0 komentar:

Posting Komentar